Sabtu, 31 Desember 2011

Panduan Tinggal


Bagi mahasiswa baru UI yang berasal dari daerah tidak perlu khawatir mengenai tempat tinggal, karena di sekitar kampus bertebaran tempat kos, rumah kontrakan sampai dengan apartemen.Selain tempat tinggal yang nyaman, dilengkapi oleh berbagai fasilitas untuk para mahasiswa seperti laundry, kantin ataupun warung makan, juga berbagai jenis restoran tersedia di sekitar kampus. Kota Depok yang berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta, juga bisa dikatakan sebagai kota pelajar, karena kampus UI yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat, tersebut juga dikeliling oleh kampus swasta seperti Universitas Gunadarma, Kampus Bina Sarana dan Informatika, Universitas Pancasila, dan juga Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Kota Depok didukung berbagai fasilitas kebutuhan mahasiswa. Atmosfer akademik yang lengkap dan cukup komprehensif merupakan nilai plus Kota Depok sebagai sebuah rumah singgah yang nyaman untuk menuntut ilmu. Fasilitas penunjang bagi mahasiswa seperti toko buku mudah didapat di sekitar UI, misalnya Toko buku Gramedia, Toko Buku Gunung Agung, dan juga toko buku TMBookstore. Toko-toko buku tersebut pada waktu tertentu menawarkan harga khusus bagi para pelajar dan mahasiswa. Pusat perbelanjaan dan juga minimarket tersebar di sepanjang Jalan Margonda sehingga memudahkan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tempat ibadah juga mudah ditemukan di wilayah sekitar UI, sehingga mahasiswa mudah melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.


Akomodasi bagi mahasiswa UI adalah sesuatu yang sama sekali tidak sulit karena adanya fasilitas asrama dan rumah kos di sekitar kampus UI Depok. Bagi mahasiswa baru yang berasal dari daerah, beberapa fasilitas temporer banyak tersedia di lingkungan kampus UI untuk disewa, seperti penginapan di Pusat Studi Jepang (PSJ) yang terletak Fakultas Ilmu Budaya atrau Wisma Makara yang tenang dan sejuk yang terletak dekat dengan UI.


Asrama UI
Asrama UI Depok sangat familiar dikenal sebagai tempat tinggal bagi mahasiswa UI yang berasal dari luar Kota Depok atau Jakarta. Asrama di lingkungan kampus Depok ini memang sengaja disediakan bagi mahasiswa asal daerah yang sedang menuntut ilmu di UI agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di kampus. Di asrama tersebut mahasiswa dapat menentukan pilihan apakah tinggal dengan kamar standar (non-AC), kamar AC atau kamar VIP. Meski hanya asrama mahasiswa, sarana dan prasarana di
dalamnya cukup lengkap, sehingga menunjang para mahasiswa dalam menjalankan aktivitas belajarnya setiap hari. Sarana dan prasarana tersebut antara lain kantin, gazebo, minimarket, lapangan basket dan futsal, televisi umum, kios foto kopi, serta kios laundry. Untuk mendukung kelancaran transportasi di asrama ada pangkalan ojek yang beroperasi selama 24 jam, sehingga para mahasiswa bisa beraktivitas dengan mudah. Berdasarkan aturan yang berlaku mahasiswa yang ingin tinggal di asrama harus mengajukan permohonan izin tinggal ke fakultas terlebih dahulu.


Rumah Kos sekitar UI
Berbagai rumah kos tersedia di lingkungan kampus UI, misalnya di Jalan Kukusan Kecamatan Beji atau tepatnya berada di belakang kampus UI, beragam tempat kos tersedia dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Selain di Jalan Kukusan tempat kos juga mudah dijumpai di sekitar Jalan Margonda atau tepatnya berada di depan kampus UI. Mengenai harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300 ribu per bulan dengan fasilitas yang standar dan juga kos mewah dengan harga di atas Rp 700 ribu per bulannya. Di dua tempat tersebut dengan mudah didapatkan fasilitas keperluan mahasiswa lainnya seperti toko buku, tempat foto kopi, toko komputer, dan minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari para mahasiswa, serta juga tempat makan mulai dari warteg yang murah, warung padang, dan lainnya.



Penginapan Pusat Studi Jepang
Penginapan dengan pemandangan ke arah danau ini berada di area Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Harga untuk kamar single dimulai dengan harga Rp 120 ribu per malam, sedangkan kamar VIP Rp 210 ribu per malam.
Untuk keterangan lebih lanjut
dapat menghubungi (021) 786 3547.



Wisma Makara
Wisma Makara yang berada di lingkungan kampus UI menjadi salah satu sarana akomodasi di daerah Jakarta Selatan dan Kota Depok. Tempat tersebut sangat cocok untuk kegiatan seminar, training, workshop, lokakarya dan lainnya. Lokasinya di lingkungan hutan karet dan danau, membuat suasana tempat ini tenang, sejuk dan asri. Harga standar mulai Rp 300 ribu per malam. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi:

Telpon     :(021) 7888 3670, 7888 3671
Reservasi :(021) 7888 3672


Asrama Mahasiswa Rini
Ada juga fasilitas asrama UI yang terletak di luar kampus UI Depok yaitu di Jakarta. Wisma tersebut yaitu bernama Wisma Rini. Jumlah kamar yang tersedia 228 kamar, terdiri dari 117 kamar putra dan 111 kamar
putri.

Alamat   : Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista) No. 38, Jakarta Timur.
Telepon  : (021) 8195058


Biaya Hidup
Biaya hidup di kampus UI Depok ataupun Salemba, Jakarta Pusat relatif sama. Namun hal tersebut juga tergantung dengan gaya hidup para mahasiswa. Berbagai warung makan, kantin, dan juga restoran berada didalam dan sekitar kampus, bahkan ada yang buka 24 jam, dengan harga yang variatif dan cocok untuk kantong para mahasiswa. Sebaiknya para mahasiswa menganggarkan dana untuk makan, transportasi, akomodasi, dan juga hiburan. Jika mahasiswa pandai mencari tahu dan mengelola keuangannya dengan baik pasti cukup.

Untuk hiburan akhir pekan bagi mahasiswa yang suka menonton di bioskop tersedia di 21 di Depok Town Square (Detos) ataupun Margo City. Selain itu jika hobi menyanyi juga tersedia tempat karaoke keluarga NAV di Margo City, Inul Vizta di Depok Mall, dan juga Venus di Detos.