Sabtu, 31 Desember 2011

Beasiswa


UI menyediakan dana beasiswa untuk pembayaran Uang Pangkal.Dana beasiswa ini tidak diberikan dalam bentuk tunai, namunlangsung dimasukkan dalam rekening biaya pendidikan sebagaipembayaran Uang Pangkal bagi mahasiswa penerimanya. Pengajuan beasiswa dilakukan sebelum mendaftar ulang yang tata caranya disosialisasikan secara luas melalui website UI. Besaran beasiswa disesuaikan dengan kemampuan UI dan kebutuhan pemohon. Calon mahasiswa baru yang mengajukan beasiswa untuk pembayaran Uang Pangkal harus mengajukan permohonan dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan.

Selain beasiswa untuk Uang Pangkal yang diberikan oleh UI, tersedia beasiswa yang berasal dari donor/ mitra UI yang sekarang mencapai jumlahnya adalah 60. Berbagai jenis beasiswa dari mitra UI tersedia untuk mahasiswa UI. Untuk mahasiswa program Sarjana Reguler dan Vokasi dikelola oleh Direktorat Kemahasiwaan.  Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus aktif mengajukan pada saat beasiswa ditawarkan melalui Manajer Kemahasiswaan di fakultasnya masing-masing. Periode penawaran beasiswa untuk masing-masing jenis beasiswa berlainan, demikian juga persyaratannya. Informasi tentang penawaran beasiswa dapat diperoleh di kemahasiswaan fakultas atau melalui website www.mahasiswa.ui.ac.id Dalam penawaran tersebut dijelaskan persyaratan yang harus dipenuhi, skema beasiswa, periode beasiswa dan ketentuan lain yang berlaku. Secara umum persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ada dua kategori: prestasi akademik dan non akademik dan atau kemampuan ekonomi. Selain itu, perokok aktif tidak diperkenankan untuk mengajukan beasiswa dan UI tidak mengelola beasiswa yang berasal dari perusahaan rokok.


Pada umumnya skema beasiswa meliputi bantuan satu atau kombinasi dari: biaya hidup, biaya pendidikan (UP, BOP), dan penunjang pendidikan, misalnya biaya buku, internet, atau pengadaan komputer. Selain beasiswa yang dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan, UI melalui International Office juga menyediakan/ mengelola beasiswa dari pihak luar dalam bentuk pertukaran mahasiswa atau kursus singkat di perguruan tinggi di luar negri yang menjadi mitra UI. Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Mekanisme pengajuan beasiswa dan ketentuan lain yang terkait dapat diperoleh di  kemahasiswaan Fakultas masingmasing atau dari International Office UI.


Bidik Misi
Beasiswa lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah Program Bidik Misi dari Pemerintahan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas. Bidik Misi merupakan program seratus hari Menteri Pendidikan
Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010 dan tahun 2012 ini dilanjutkan dengan kembali menerima  calon mahasiswa yang diselenggarakan di 117 perguruan tinggi penyelenggara selain melanjutkan angkatan 2011. Beasiswa Bidik Misi diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK berniat melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari keluarga tidak mampu. Informasi dan persyaratan-persyarakat untuk memperoleh beasiswa Bidik Misi ini dapat dilihat melalui website:
http://bidikmisi.dikti.go.id