Sabtu, 31 Desember 2011

Pengantar


Universitas Indonesia (UI) secara internasional diakui sebagai salah satu universitas terkemuka di Asia. Didirikan pada tahun 1849, UI adalah salah satu universitas tertua di Asia dan secara berkesinambungan tumbuh menjadi pusat komunitas multikultural yang canggih dan modern. Tujuan UI adalah mencapai tingkat terbaik dalam bidang penemuan, pengembangan, penyebarluasan ilmu pengetahuan melalui komunitas-komunitas strategis, baik di tingkat regional maupun global. Sebagai salah satu universitas penelitian tepercaya di Asia, UI berupaya mengembangkan program penemuan akademik dan kegiatan penelitian yang progresif. Hal ini dapat dicapai melalui sejumlah besar program-program ilmiah dalam bidang teknik, humaniora, serta ilmu pengetahuan alam dan ilmu sosial.


 Dewasa ini, dengan lebih dari 400.000 lulusan di dunia lapangan kerja, alumni UI berada pada posisi kuat untuk menduduki berbagai jabatan layanan publik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Komitmen tak tergoyahkan UI untuk menciptakan dan mempertahankan sistem pendidikan terbaik telah mendorong universitas ini menetapkan standar internasional yang baru.Penelitian-penelitian dan penerbitan-penerbitan UI yang istimewa telah menarik perhatian banyak universitas luar negeri yang selanjutnya berbuah pada upaya kerjasama. Beberapa kerjasama yang dapat disebutkan, antara lain, dengan Washington University, Tokyo University, Melbourne University, Sydney University, Leiden University, Erasmus University, Kyoto University, Peking University, Tsinghua University, Australian National University, National University of Singapore. Dalam rangka memperkuat dan memperluas jaringan internasionalnya, UI secara aktif berperan serta dalam perhimpunan pendidikan dan penelitian baik yang bersifat regional maupun internasional. Beberapa lembaga pendidikan terkemuka telah bekerja sama dengan UI dalam lingkup akademik yang luas. Perhimpunan yang dapat disebutkan adalah: APRU (Association of Pacific Rim Universities), AUN (ASEAN University Network), dan ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning). Selain itu, UI adalah salah satu anggota Dewan Direktur the Association of Pacific Rim Universities (APRU).


UI memiliki dua kampus utama; yang pertama terletak di pusat wilayah bisnis yaitu di Salemba, Jakarta Pusat, dan kampus kedua terletak di lingkungan hijau Depok di Jawa Barat. Kampus Depok terletak di tanah hijau tropis seluas 320 hektar yang dirawat secara cermat dengan separuh dari luas lahan tersebut disisihkan secara eksklusif sebagai laboratorium ekologi dan daerah konservasi. Jika dilihat dari peruntukkannya, seluas 25 persen area tersebut secara ketat diperuntukkan bagi kegiatan-kegiatan akademik, penelitian, dan kemahasiswaan, sedangkan 75 persen sisanya diperuntukkan bagi penghutanan kembali. Secara keseluruhan UI memiliki 8 danau yang tersebar di area kampusnya dan dirawat secara cermat untuk melindungi ekosistem yang rapuh. Sebagai bukti komitmen UI terhadap kampus yang memiliki keseimbangan ekologis, telah dibangun jalur sepeda sepanjang lebih dari 20 km dan disediakan pula bus bagi mahasiswa dan sivitas akademika.