Sabtu, 31 Desember 2011

Prestasi


Dengan fasilitas layaknya “World Class University” tentunya harus diiringi dengan pencapaian-pencapaian
sesuai misi UI “Menjadi Universitas Riset Kelas Dunia”. Didukung dengan fasilitas yang terus ditingkatkan, UI juga komitmen dengan tujuannya, yakni: mempertahankan reputasi UI sebagai universitas terbaik di Indonesia dengan menghasilkan kualitas lulusan yang mampu bersaing di pasar global dan kualitas riset yang bertaraf internasional serta menghasilkan produk Research & Design yang dapat mendukung daya saing internasional.

Dari tahun ke tahun prestasi tingkat nasional dan internasional telah diraih UI, baik sebagai suatu institusi, maupun melalui individu mahasiswa, dosen atau sivitas akemika lainnya dari perguruan tinggi ini. Hasil pemeringkatan yang dilakukan QS World University Ranking 2011, Universitas Indonesia (UI) menempati urutan ke-217 (skor 42,90) dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam 300 besar universitas terbaik dunia. UI mengungguli perguruan tinggi favorit, seperti University of Hamburg, Jerman, Universite Paris 1, Pantheon-Sorbonne , Curtin University of Technology, Australia . Pemeringkatan “QS Top University” terhadap 600 universitas terbaik di dunia itu memiliki kriteria penilaian, di antaranya pencantuman lembaga (institution inclusion), reputasi akademik (academic reputation) dan reputasi pimpinan (employer reputation). Sementara itu, berdasarkan ranking per subyek, pada bidang ilmu sosial, UI menduduki peringkat 122 di dunia sebagai universitas terbaik. Untuk bidang ilmu kesehatan dan biomedik peringkat 162, bidang Seni dan Humaniora peringkat 142, bidang teknik dan teknologi informasi peringkat 232, dan bidang ilmu pengetahuan alam peringkat 258.

Pada tahun 2010, beberapa prestasi membanggakan di tingkat internasional yang diraih mahasiswa UI, antara lain adalah mahasiswa Departemen Teknik Mesin FTUI Juara 1 dan 2 untuk kategori Uji Emisi tipe Urban Non Award dan berhasil menjadi Runner-up 1 dan 2 untuk kategori Urban Concept serta Top 5 Finalis Best Design Award pada Kompetisi Shell-Eco Marathon Asia 2010. Selain itu, Natalia Rialucky, mahasiswi FISIP UI dikukuhkan sebagai Best Delegate dalam Delegate Position Paper Global Model United Nations, dan Carolina R. Siahaan mahasiswi FISIP UI meraih Juara 1 dalam Honorable Mention Award Asia Pacific Model Nations di Australia.


Lingkungan kampus yang asri dan tetap menjaga kelestarian lingkungan, juga mengantarkan UI menduduki pertingkat ke-15 dari 95 perguruan tinggi di dunia sebagai kampus terhijau dan ramah lingkungan dalam penilaian “Green Metric Ranking of World Universities 2010”. Di tahun 2010/2011 ini sejumlah prestasi lainnya juga dicatat oleh UI, baik tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat internasional, tim Indonesia yang diwakili lima mahasiswa UI menjadi juara pertama pada kompetisi bisnis internaisonal “8th
Trust by Danone Way in Doing Business” di Paris, 4 - 6 April 2011. Tim UI yang terdiri atas Chandra Satria Muda, Ekky Gompa, Ivan Cahyadi, Shanty Debora, dan Stevenlie Satryaputra, berhasil mengalahkan tujuh negera lainnya, yaitu Aljazair, China, Republik Ceko, Portugal, Rumania, Rusia dan Amerika Serikat. Di bidang hubungan internasional, UI adalah tempat yang tepat untuk mencetak diplomat-diplomat handal. Hal itu dibuktikan melalui prestasi mahasiswa program studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Dyah Ayunico Ramadhani dan Indah Gilang Pusparani meraih “Best Diplomacy Award” dalam Harvard World Model United Nations 2011 di Singapura, 14 - 18 Maret 2011.
UI juga selalu berada dalam deretan peringkat teratas dalam kompetisi-kompetisi antarperguruan tinggi tingkat nasional dalam setahun terakhir ini.

Mahasiswa FEUI Tantia Dian Permata, mendapat penghargaan pertama sebagai “Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional” dari Kementerian Pendidikan Nasional dalam pemilihan yang diadakan Juli 2010.
Pada November 2010, UI meraih gelar juara dalam Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI). Mahasiswa UI Stefi Rahmawati meraih juara di bidang matematika, sedangkan Abi Sofyan menjuarai bidang kimia dalam kompetisi tersebut. Dalam kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2010 yang diikuti 400 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi se-Indonesia, UI menjadi juara umum. Dari sembilan jenis lomba yang dipertandingkan dalam Gemastik 2010 itu, mahasiswa UI memenangi kategori Lomba Piranti Cerdas, Pemrograman, Disain Web, dan Permainan Bisnis. Website UI (www.ui.ac.id) pada Juli 2010 mendapat penghargaan dari Badan Koordinasi Kehumasan Indonesia (AHM Bakohumas) sebagai yang terbaik di antara website-website perguruan tinggi di Indonesia.